Kurikulum

Kurikulum NASIONAL, dengan pengayaan proses pembelajaran natural dengan pengayaan proses pembelajaran Natural, sesuai dengan perkembangan usia dan potensi kecerdasan anak, dengan berlandaskan ajaran Islam.                                                                                                                                                

 

 

Metode

Pembelajaran secara Active learning, siswa terlibat aktif dan menjadi pusat kegiatan mengajar belajar, sehingga tercipta pengembangan diri yang kreatif dan  mandiri yang dikemas dalam kegiatan-kegiatan yang menyenangkan antara lain; Demonstrasi, eksperimen, penemuan masalah, ceramah , Tanya jawab, Diskusi , pemecahan masalah. Setiap siswa memilki perbedaan karakter dan cara belajar yang harus di hargai dan di fasilitasi. Dalam pembelajaran juga terintegrasi School Beliefs  berikut :

Dimensi Ketuhanan :

- Iman
- Islam
- Ihsan
- Taqwa
- Tawakal
- Sabar
- Syukur

Dimensi Kemanusiaan

- Silaturahim
- Ukhuwah
- Persamaan
- Adil
- Husnuldzon
- Tawadhu
- Tepat Janji
- Lapang Dada
- Amanah
- Perwira
- Hemat
- Dermawan

Sikap dan pengalaman Belajar yang diharapkan :

1. Taqwa pada Allah SWT
2. Memiliki nilai-nilai moral dan pekerti yang luhur
3. Cerdas, eksploratif, kreatif, tumbuh seimbang dan berkembang sesuai minat, bakat dan potensi kecerdasan
4. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, sebagai fondasi belajar ke jenjang selanjutnya
5. Bercita rasa seni dan estetika
6. Berwawasan Global
7. Memiliki semangat kebangsaan, kesadaran budaya dan kepekaan lingkungan
8. Mampu bersosialisasi dalam lingkungan sosial yang majemuk

Mata pelajaran : Untuk Tingkat Sekolah Dasar

1. Agama
2. Bahasa Indonesia
3. Bahasa Inggris
4. Matematika
5. Sains
6. IPS & PKN
7. Art
8. Physical Education
9. Muatan Lokal *

Pengembangan Diri :

Talents Day (Jam khusus pada tiap pekannya dalam memfasilitasi minat dan bakat siswa dengan kegiatan – kegiatan ; Musik, fotografi, English club, Taekwondo, Gardening, Art, dll.

Pendukung Life Skill / Keterampilan

1. Komputer
2. Art
3. Leadership
4. Lingkungan
5. Musik
6. Kepanduan
7. Menari

Evaluasi

Menggunakan penilaian berimbang pada sisi afeksidan psikomotor, menggunakan berbagai piranti penilaian ; tes tertulis, tes lisan, Portofolio, Unjuk kerja, dan sikap siswa  disertai indikator yang menjelaskan setiap kompetensi yang ingin dicapai , selama proses belajar. Semua anak adalah bintang, sehingga Semut-Semut the natural school tidak menggunakan sistem rangking.

 

JoomShaper